Puji Tuhan, UN Berlangsung Lancar!

cv

Puji Tuhan! Itulah kata yang pantas kita ucapkan, oleh karena Ujian Nasional di sekolah kita berjalan lancar tanpa persoalan apapun di tengah carut marutnya pelaksanaan Ujian Nasional Tahun ini.

 

Seperti kita tahu, betapa kacaunya pelaksanaan Ujian Nasional. Mulai dari pencetakan naskah, pendistribusian sampai dengan hal – hal yang lebih kecil, teknis pelaksanaan misalnya kebenaran jumlah soal, kesesuaian label sampul dan isi dan lain sebagainya.  Beberapa sekolah di sekitar kita, cukup banyak yang mengalami persoalan serupa. Misalnya pada saat pengujian mata pelajaran Matematika, di sampul tertulis jurusan IPA ternyata di dalam, berisi soal untuk jurusan IPS. Jelas kepanikan pada tingkat panita sekolah akan terjadi. Untuk memenuhi prosedur, tentu tak bisa serta merta soal didapatkan. Solusi akhir seperti menggandakan sendiri dengan ijin dinas pun akhirnya ditempuh. Namun solusi ini pun tentu menimbulkan kekawatiran – kekawatiran baru, yang merugikan siswa.  Mundurnya waktu test 1 – 3 jam,  oleh karena menunggu tersedianya soal tentu menimbulan tekanan tersediri bagi para siswa. Belum lagi hal – hal teknis, misalnya kesesuaian lembar jawab dan soal yang tidak terpenuhi, bisa membuat siswa dan juga guru makin kawatir. Itulah mengapa kita layak mengucap syukur kepada Tuhan, untuk seluruh kelancaran ini. Ditambah lagi tak ada satu siswapun yang berhalangan untuk mengikuti seluruh Ujian Nasional.

 

Seperti halnya tahun – tahun terdahulu sekolah kita mendapatkan jatah pengawas dari Sekolah Penabur. Bapak ibu guru ini terlihat sudah akrab dan biasa, sehingga menimbulkan relasi yang lebih nyaman juga sejak awal. Rasa saling memahami untuk taat pada aturan main yang ditetapkan pemerintah, sangat membantu pelaksanaan Ujian Nasional tahun berjalan baik dan lancar.

 

Usai menyelesaikan seluruh mata ujian, saya sempat berbincang dengan beberapa siswa, nampaknya mereka cukup optimis untuk bisa mendapatkan nilai yang baik. Semoga prediksi pribadi  per pribadi ini tidak meleset, sehingga semuanya akan berakhir seperti yang diharapkan, semua lulus sesuai dengan target dan prediksi yang sudah ditetapkan.  Akhirnya selamat untuk seluruh teman – teman kelas XII yang telah menuntaskan Ujian Nasional dengan baik, selamat menikmati liburan sembari menunggu pengumuman kelulusan.

 

Berikut beberapa peristiwa yang terekam lensa kamera, selama pelaksanaan Ujian Nasional.

 

Persiapan menjelas pelaksanaan UN. Para siswa mendapatkan penjelasan berbagai hal tentang Ujian Nasional agar jangan sampai ada hal – hal yang tidak dipahami oleh para siswa sehingga mereka dirugikan. Usai mendapat penjelasan, para siswa berdoa bersama, mohon berkat  Tuhan agar UN berjalan lencar tanpa halangan apapun. Selanjutnya para siswa memohon doa restu  kepada Bapak Ibu guru. Jabat erat dan pelukan hangat dari para guru, membuat para siswa menjadi lebih siap untuk menghadapi UN.

 

1

 

2

 

4

 

3

 

5

 

6

 

Beginilah suasana setiap hari selama UN. Para siswa harus berkumpul di aula lantai empat. Mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan di ruang ujian, sembari terus diberikan tambahan – tambahan pengarahan sebagai evaluasi harian agar semua tetap lancar. Setelah tanda bel berbunyi mereka berjalan dengan rapi dan tenang menuju ke ruangan masing – masing. Sementara Bapak Ibu pengawas sudah menyambut mereka. 7

 

8

 

9

 

10

 

11

 

Ruangan harus steril. Saat pengawas datang pun semua ruang ujian wajib dalam keadaan terkuncil. Demikian juga saat pelaksanaan, tak ada seorang pun yang diperbolehkan masuk keruangan. Sementara dari kepolisan terlihat aktif ikut memantau jalannya Ujian Nasional. Entah apa urgensinya. Namun kita wajib menghormati dan menerima mereka dengan terbuka oleh karena perhatian yang diberikan.

 

12

 

13

 

14

 

Lega dan gembira! inilah ekspresi kita semua. Tidak hanya para siswa yang telah ‘bertarung’ habis – habisan. Tetapi juga bapak ibu guru, setali tiga uang, merasakan kegembiraan yang sama, setelah Ujian Nasional dapat dilaksanakan dengan lancar tanpa persoalan yang berarti ditengah kekacauan pelaksanaan UN secara nasional.

 

18

 

19

 

20

 

21

 

22

 

Usai bertugas, bapak ibu pengawas berkesempatan foto bersama dengan latar belakang gedung sekolah yang terlihat megah. Beberapa berkas penunjang kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional.

 

15

 

16

 

17

 

 

 

 

 

 

 

 

 

About the author

admin

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.

Powered by WordPress | Deadline Themes : An AWESEM design