Perbedaan Futsal dan Sepak Bola

Sepak bola dan futsal secara sekilas memiliki kesamaan. Kesamaan terdapat pada bola yang sama – sama ditendang dan bertujuan untuk dimasukan ke dalam gawang. Namun, bila diteliti lagi, sepak bola dan futsal memiliki banyak perbedaan. Dari segi material dan juga peraturan di kedua olah raga tersebut. Apa saja perbedaan tersebut, mari kita simak.

Dari segi pemain, futsal dimainkan oleh 5 orang sementara sepak bola dimainkan oleh 11 orang. Lalu pada futsal tidak terbatas pergantian sementara sepakbola, maksimal hanya dilakukan 3 kali pergantian. Dari ukuran bola, futsal menggunakan bola ukuran 4 dan memiliki daya pantul rendah, sementara sepak bola memiliki bola ukuran 5 dan memiliki daya pantul sedang. Sementara itu, para pemain futsal dan sepak bola juga memiliki sepatu khusus. Pemain futsal umumnya memakai sepatu yang ber sol rata, sementara pemain sepak bola memakai sepatu ber pool.

Dari segi permainan, lama permainan futsal 1 babak = 20 menit dan diijinkan melakukan time out, sedangkan sepak bola 1 babak = 45 menit dan tidak diijinkan melakukan time out. Cara melempar futsal dilakukan dengan tendangan kaki, dan sepak bola dilakukan dengan cara lemparan ke dalam. Di futsal tidak diijinkan melakukan sliding tackle. itu dapat menyebabkan pemain dikeluarkan. Di sepak bola teckel diijinkan, akan tetapi harus merupakan tackle bersih dan tidak bertujuan menyederai lawan.

Itu tadi merupakan perbedaan antara olahraga futsal dan sepak bola. Sebenarnya masih terdapat berbagai perbedaan pada kedua cabang olahraga tersebut, namun itu tadi merupakan perbedaan secara umum. Walaupun futsal dan sepak bola berbeda namun kedua olah raga tersebut memiliki tujuan yang sama dan tetap menjujung tinggi sportivitas. Apapun jenis olahraga, bila itu dilakukan dengan tujuan positif akan membuat hati gembira.

About the author

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.

Powered by WordPress | Deadline Themes : An AWESEM design