Serba-serbi Ujian Praktik Fisika 2011/2012

listrik

Akhirnya siswa-siswi kelas XII.IPA telah berhasil menyelesaikan Ujian Praktik Fisika yang dilaksanakan dalam 3 gelombang yaitu hari Rabu, 29 Februari 2012, hari Kamis, 2 Maret 2012, dan hari Kamis, 8 Maret 2012

 

Ujian praktik Fisika SMA Tarakanita Gading Serpong tahun pelajaran 2011/2012 mengambil beberapa topik yaitu pengukuran, kinematika,  gelombang, listrik, gerak harmonis sederhana, dan mekanika. Diharapkan melalui ujian praktik yang juga merupakan salah satu syarat kelulusan, siswa dapat mengembangkan pengalaman untuk dapat merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, merancang dan merakit instrumen percobaan, mengumpulkan, mengolah, dan menafsirkan data, serta mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis (sesuai Standar Kompetensi  dan Kompetensi Dasar BSNP 2006).

 

Pemilihan topik pratikum untuk setiap siswa dilakukan dengan pengundian sehingga siswa mendapat soal ujian sesaat ketika ujian praktik akan dimulai. Tampak para siswa-siswi tegang ketika akan memasuki ruang laboratorium Fisika, setelah mendapat undian beberapa siswa cukup lega karena mendapat materi yang telah mereka kuasai. Tetapi ada juga siswa yang masih gugup saat ujian berlangsung, sehingga ada sedikit kendala dalam pemakaian peralatan yang digunakan.

 

Materi ujian praktik Fisika sebenarnya secara teori telah mereka kuasai dan dilakukan dari kelas X sampai kelas XII, jadi tidak ada hal yang baru bagi para siswa. Tetapi yang membedakan adalah mereka harus mengerjakan sendiri semua tahap pratikum secara mandiri dan tentu saja mereka juga dinilai dari segi afektif, psikomotorik dan kognitif.

 

Untuk materi pengukuran siswa dapat mengukur bangun ruang dengan alat ukur panjang. Untuk tahap berikutnya siswa mampu menentukan ketelitian dan ketidakpastian relatif dari pengukuran langsung dan tidak langsung. Mereka menganalisis mengapa volume sebuah kelereng yang diukur dengan jangka sorong dan penggaris menghasilkan perbedaan yang cukup signifikan. Hal ini sangat mempengaruhi dalam pengukuran secara mikro dan makro dalam kehidupan sehari-hari.

 

Untuk materi kinematika siswa menganalisis karakteristik gerak lurus berubah beraturan pada bidang miring serta dapat membuat grafik melalui percobaan Ticker Timer. Pada percobaan ini cukup menimbulkan suaran yang agak menggangu karena suara ticker timer yang cukup keras serta kereta dinamik yang meluncur turun pada bidang miring.

 

Yang cukup menarik adalah pada percobaan Melde, disini siswa dapat menunjukkan bagaimana gelombang stasioner dapat terbentuk. Siswa dapat menunjukkan letak perut dan simpul pada gelombang stasioner serta menentukan cepat rambat gelombang mekanik. Gelombang stasioner merupakan superposisi antara gelombang datang dengan gelombang pantul. Peristiwa ini dapat kita jumpai dalam peralatan musik seperti gitar.

 

Sedangkan untuk listrik dinamis, siswa dapat membuktikan Hukum Kirchoff melalui percobaan listrik baik pada rangkaian seri maupun rangkaian parallel. Pada percobaan ini, siswa juga dapat menggunakan

Osiloskop untuk mengukur tegangan. Dengan melakukan percobaan ini siswa dapat lebih bersikap hati-hati dalam bekerja dengan peralatan listrik.

 

Siswa menentukan konstanta pegas yang dirangkai seri melalui percobaan.

 

 

Simpul dan perut gelombang stasioner ditunjukkan pada Percobaan Melde

 

 

 

 

 

About the author

tere

Leave a Comment

You must be logged in to post a comment.

Powered by WordPress | Deadline Themes : An AWESEM design